Jumlah Lukisan
Total

3 Cat Untuk Melukis

unduhan (1)

Dalam sebuah lukisan peranan cat sangat berperan penting agar dapat menonjolkan sisi karakter sebuah gambar, berbagai warna cat akan semakin menambah kesan warna pada lukisan. Akan tetapi jangan sembarangan memilih cat agar kualitas sebuah lukisan tetep baik. Pada zaman terdahulu bahan cat yang digunakan beragam ada yang menggunakan langsung dari bahan alami seperti daun-daunan, getah pohon, sampai darah hewan.

Pada abad 3-7 M bahkan para seniman terdahulu menggunakan bahan cat lukis dari batuan permata yang digiling lembut dicampur dengan minyak tumbuhan. Maka dari itu sampai sekarang kita bisa melihat hasil karya nya yang masih sangat baik dengan warna yang masih cerah di museum-museum dunia.

Pada zaman modern sekarang berbagai bahan cat lukis sudah banyak sekali. Akan tetapi ada 3 jenis cat yang populer digunakan untuk melukis diantaranya

1 Cat minyak

images (2)

Cat ini berbahan dasar minyak atau menggunakan pengencer minyak, sering digunakan oleh para pelukis karena cat minyak ini menghasilkan warna yang tajam dan tahan lama. Media yang digunakan biasannya adalah kanvas, dengan cat minyak makan akan mudah dalam penggunaaan dan tekniknya. Akan tetapi perlu di ingat cat minyak memiliki kekurangan dalam proses pengeringan yang membutuhkan waktu agak lama.

2 Cat Acrylic

images (1)

Cat yang satu ini menggunakan berbasis air atau menggunakan pengencer air, media yang biasa digunakan bisa kanvas atau kertas. Sama hal nya seperti cat minyak cat ini pun banyak di gunakan oleh para pelukis. Menggunakan cat ini akan lebih sulit melukis dengan gaya naturalis sebab ketika cat ditorehkan ke media maka cat akan cepat mengering.

3 Cat Air (water Color)

unduhan (2)

Cat air yang berbahan dasar air ini lebih banyak di gunakan dengan media kertas. Teknik yang digunakan yaitu teknik transparant, kelebihan cat air yaitu memiliki efek yang unik dan khas juga cat air ini ramah lingkungan. Akan tetapi harus berhati-hati dan harus melakukan perawatan yang khusus pada lukisan dikarenakan sifat kertas yang mudah rusak dan robek.