Jumlah Lukisan
Total

Teknik Lukis

Ada bermacam-macam teknik dalam melukis. Setiap seniman akan melakukan hal terbaik agar lukisannya sempurna dan itu memerlukan teknik yang baik,bahkan melukis objek yang sederhanapun memerlukan teknik dan tidak dibuat sembarang.

Berikut beberapa teknik dalam melukis

1 Melukis dengan teknik basah

cat2

 

 

 

 

 

 

 

 

Teknik melukis basah ini adalah teknik dengan menggunakan cat air atau cat minyak di campur dengan pelarut seperti minyak cat. Menggunakan media kanvas dan sebaiknya pada saat melukis dengan teknik ini menggunakan kuas yang halus dan panjang bulunya agar penyebaran warna lebih baik.

Biasanya teknik basah ini digunakan untuk membuat lukisan tanpa volume (flat atau rata). Dengan menggunakan teknik basah maka lukisan yang dihasilkan akan terlihat bersih dan cemerlang. Akan tetapi teknik basah ini memerlukan proses pengeringan lebih lama tergantung pada banyak sedikitnya campuran minyak catnya.

2. Melukis dengan teknik kering

cat

Jenis teknik ini pada dasarnya sama dengan teknik biasanya dengan menggunakan cat minyak dan cat air hanya saja dalam teknik ini cat tidak di campur dengan pelarut apa pun. Cat yang di gunakan langsung di torehkan pada kanvas.

Dengan menggunakan teknik ini lukisan akan terlihat bervolume dan kita bisa membuat kesan bayangan yang lebih bagus. Hanya saja dalam penggunaannya cat akan terpakai lebih banyak di bandingkan dengan teknik basah.

3 Melukis dengan teknik campuran

kanvas

Teknik ini adalah teknik dimana pada saat cat kering di torehlan pada kanvas kemudian sedikit demi sedikit campurkan minyak cat dengan kuas langsung pada kanvas. Teknik ini secara tidak langsung bisa mengontrol kadar minyak cat pada saat pencampuran langsung di kanvas.

___________________________________________________________

Itulah teknik yang pada umumnya di gunakan dalam melukis. Gunakanlah teknik yang mudah kita lakukan dan tidak menyulitkan pada saat kita melukis :)