Jumlah Lukisan
Total

Tips Memilih Lukisan Untuk Ruangan

1. Pilihlah lukisan yang senada dengan warna dinding.

Jangan memilih lukisan yang tabrak warna, misalnya warna dinding orange terang dengan lukisan merah terang, dinding akan terlihat terlalu ramai dan meriah.
Baiknya pilihlah warna lukisan yang masih senada namun tidak terlalu terang misalnya dari kuning tua gradasi orange lembut. Atau pilihlah lukisan yang mengandung sedikit unsur warna dinding.

Diatas adalah contoh lukisan yang senada dengan warna dinding.

 

2. Jangan memadu padankan dinding dengan lukisan berwarna sama.

Ingat “senada” bukan berarti sama.
Dinding hijau muda dengan lukisan berwarna mayoritas hijau muda akan membuat ruangan terlihat flat. Baiknya padankan dengan lukisan berwarna apa saja selain hijau muda. Namun untuk membuat kesan matching dengan dinding cukup memilih lukisan yang memiliki accessories atau ornamen-ornamen kecil yang memiliki warna hijau muda.
Namun jika anda memang menginginkan lukisan yang memiliki warna mayoritas sama usahakan mencari lukisan yang memiliki banyak gradasi hijau (dari hijau muda, hijautua, tosca, dan lain sebagainya)


Untuk mengatasi warna lukisan yang sama dengan dinding pilih yang banyak bermain gradasi warna hijau, sehingga lukisan tidak terlalu terlihat flat.

 

3. Cocokkan dengan perabot atau furniture.

Lukisan tidak selalu harus mengikuti warna dinding, namun dapat juga di cocokkan dengan warna-warna perabotan atau furniture pada ruangan.
Misalnya dinding anda berwarna putih, sementara sofa anda berwarna maroon, tidak ada salahnya mengikuti warna sofa.


Warna lukisan di padankan dengan warna sofa.

 

4.  Sesuaikan tema lukisan dengan ruangan.

Usahakan memilih lukisan yang sesuai dengan ruangan anda. Misalkan ruangan klasik, carilah lukisan pendukung seperti lukisan pemandangan, lukisan bunga, lukisan koi, kuda atau lainnya yang bersifat klasik (kekal) atau tradisional).
Begitu pula jika anda memiliki ruangan yang modern dan minimalis, pilih lukisan yang lebih cerah dan berwarna segar dan simple nmaun terlihat modern, seperti lukisan abstrak atau lukisan set (panel) yang sedang hit belakangan ini.


Ruangan diatas adalah contoh ruangan dengan tema semi classic yang dipadankan dengan lukisan pemandangan.

 

5. Be your self!

Yang paling terpenting adalah bahwa lukisan itu harus mencerminkan kepribadian anda!
Apapun kata orang mengenai lukisan anda, namun apabila anda merasa bahwa “lukisan itu adalah cerminan saya” maka percayalah itu yang terbaik!

Your house, your decision!

 

Sekian tips dari kami ArtMania, semoga berguna untuk anda.

Salam seni!

 

** Artikel oleh Neno (www.hijauart.com)
** Mohon cantumkan sumber apabila ingin menyebarkan artikel ini.